Budaya Asal Daerah

Budaya Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat

(KOBAR-KALTENG)

 

Assalamulaikum Wr.Wb

Sebelum kita masuk lebih dalam dan lebih jauh untuk mengenal kabupaten kotawaringin barat mungkin,sebaiknya kita ketahui dulu profilnya.Gambar

Kabupaten kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi kalimantan tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkalan Bun yang mempunyai luas 10.759km2 dan lahir pada 3 oktober 1959.

Apabila berbicara tentang suatu daerah kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membahas budaya daerah tersebut. Sebab, indonesia terkenal akan budaya disetiap daerahnya masing-masing.

Dan dengan hati yang bangga saya ucapkan selamat datang di kota asal saya Pangkalan Bun,Kotawaringin Barat.

GambarDi kota asal saya ini temen-teman bisa menemukan banyak sekali budaya dan tempat wisata yang menyenangkan dan tentu asik untuk dinikmati. jadi, tidak salah dan tidak berlebihan apabila pangkalan Bun disebut sebagai kota budaya dan wisatanya kalimantan tengah.karena banyak sekali pilihan yang bisa kita datangi baik itu wisata laut serta wisata darat dan tentu makin lengkap dengan kehadiran budaya yang masih terjaga dengan baiknya disini.  Disetiap perayaan hari jadi pangkalan bun pasti akan diadakan pawai tumpeng yang diikuti ribuan peserta baik dari SKPD, siswa-siswi SD sampai SMU, mahasiswa/i Universitas Antakusuma, aparat TNI-Polri maupun elemen masyarakat yang lainnya membuat jalan-jalan yang dilaluinya penuh sesak oleh lautan manusia. Tidak Cuma sekedar pawai tetapi juga setiap peserta pawai menggunakan pakaian adat, senjata tradisional dan memaikan musik tradisional yang membuat pawai ini begitu spesial dan berbeda. Selain perayaan pawai adat tentu saja ada yang lain yaitu :

Gambar

Dayung

Lomba dayung sampan ini merupakan salah satu acara yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dan juga merupakan salah satu acara yang ikut memeriahkan dalam rangka hari jadi Kabupaten.

Sumpit

Seperti halnya lomba dayung sampan, lomba sumpit juga merupakan salah satu acara yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Tari-tarian

Tarian “ KEMBANG PANDAN” merupakan salah satu tarian yang bisa dinikmati dalam acara hari jadi daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Tarian ini berasal dari daerah pedalaman Dayak Kotawaringin Barat.

Tarian “BAGONDANG” merupakan tarian adata yang dilakukan untuk menerima tamu-tamu kehormatan.

Tarian “MANUNGGAL” juga merupakan tarian yang berasal dari pedalaman yaitu tarian yang menggambarkan menanam padi secara bergotong royong.
Tarian “KIPAS DAYUNG” merupakan tarian yang dibawakan oleh putra-putri Dayak Kotawaringin Barat.(sumber:artikel budaya kobar)

 

GambarSementara apabila membahas wisata pangkalan bun lah tempatnya. Karena disini ada Taman Nasional Tanjung Puting yang terkenal hingga mancanegara. Taman Nasional ini merabilitasi orang hutan yang menjadi hewan endemik yang dilindungi oleh negara serta beberapa hewan dan tumbuhan langka lainnya. Yang menjadi spesial adalah nuansa yang ditawarkan oleh taman nasional ini begitu indah.memadukan keindahan sungai dan populasi pepohonan khas hutan tropis.jadi, tidak akan nyesal deh kalau sudah pernah ke Taman Nasional Tanjung Puting. Selain itu tentu saja kami punya wisata pantai kubu, Tanjung Keluang, Gosong senggora, Tanjung Penghujan, Keraya, Kerajaan Istana Kuning, dan terhir adalah Makan Kia’i Gede.

 Gambar

Demikianlah budaya dan wisata yang ada di pangkalan Bun,Kotawaringin Barat. Termakasih

Wassalamuala’kum Wr.Wb

Etssss.. jangan lupa berkunjung kesini yaa. Kami tunggu kehadirannya 😀

Iklan
By mkhoirulanuwar20

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s